Linux Proxmox dan cara install melalui Virtual Box


Proxmox VE (Virtual Environtment) adalah distribusi berbasis Debian etch (x86_64). Proxmox adalah paltform virtualisasi bersifat opensource yang mendukung untuk menjalankan virtual mesin berbasis KVM dan OpenVZ.

Fitur yang ditawarkan oleh Proxmox VE adalah sebagai berikut:

High performance and scalability
Full Virtualization – KVM
OS Virtualization – OpenVZ
Live Migration
Open Source
High Availability Cluster
RESTful web API
Proxmox Cluster file system
Rich web app for Management
Backup and Restore
Role-based Administration
Multiple Authentication sources
Network Model
Storage Model
Untuk urusan mengatur mesin-mesin vertual dan cluster, Proxmox menyediakan sebuah kontrol panel berbasis web, dari kontrol panel ini anda bisa melakukan semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk mengatur mesin virtual anda.

Proxmox berbasis debian etch x86_64, oleh karenanya Proxmox hanya bisa diinstall pada mesin berbasis 64 bit, Proxmox tidak akan bisa diinstall pada mesin berbasis i386. Untuk menggunakan KVM pada proxmox anda juga harus memastikan prosesor yang anda gunakan support fitur virtualisasi pada hardware (hardware virtualization) baik intel VT atau AMD-V, berbeda dengan KVM, jika anda menggunakan OpenVZ anda tidak membutuhkan hardware virtualization ini.

Proxmox bukanlah satu-satunya platform yang bisa anda gunakan untuk membangun virtualisai dan cloud computing, masih ada beberapa platform lain, namun dari tabel berikut ini bisa anda jadikan rujukan untuk membandingkan proxmox dengan platform lainnya.

Instalasi Proxmox di VirtualBox mudah saja dan sama saat kita install di mesin fisik, hanya saja butuh settingan yang betul. Berikut tata cara Installasi Proxmox di atas VirtualBox dengan benar dan sudah saya simulasikan sebelumnya.
Pertama siapkan iso proxmox. Jika anda belum punya bisa mendownloadnya di proxmox via kambing kambing.ui.ac.id
Setelah semua sudah siap bukalah VirtualBox anda dan klik New maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini : Berilah nama VM anda.
1
Klik Next. Lalu berikan RAM untuk si Proxmox. Hitungannya adalah setengah dari RAM Laptop/PC anda. Di tulisan kali ini saya berikan 4 GB. Sebetulnya 1 GB atau 2 GB pun bisa.
2

Langkah selanjutnya by default saja. Tinggal klik Create dan Next sampai muncul untuk memberikan space Harddisk si Proxmox.
Klik Create
3
Next
4
Next
5
Alokasikan space untuk Harddisk Proxmox. Berikan 8 GB sudah lebih dari cukup jika hanya untuk simulasi installasi.
6
Saat anda klik Create maka VM Proxmox sudah terbuat di VirtualBox. Setelah itu klik di bagian setting untuk mengatur si Proxmox. Biarkan by default untuk bagian General. Pindah ke menu System. Hilangkan Floppy karena hari gini sudah gak ada floppy :D.
7
Display pun biarkan default. Pada di bagian Storage ini adalah tahapan yang paling penting karena file installer berada di bagian ini. tambahkan iso proxmox di bagian yang empty. Cara menambahkannya dengan klik di gambar CD. Maka jika sudah muncul iso Proxmox. Di installer ini saya masih menggunakan Proxmox 2.3
8
Audio biarkan apa adanya. Pada bagian Network arahkan network ke Bridged Adapter.
9
Saat sudah ok semuanya. Maka jalankan dengan klik Start di VM Proxmox maka semestinya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Pada tahap awal tekanlah Enter untuk melakukan installasi.
ProxmoxLearn
Si Proxmox akan loading sehingga muncul Proxmox License Agreement. Klik I Agree. Tidak perlu khawatir karena Proxmox ini free. Jadi bebas bisa di pakai kapanpun dan dimana saja.
ProxmoxLearn1
Langkah selanjutnya adalah pilihan Disk untuk menginstall Proxmox. Jika hanya ada 1 Disk maka si Proxmox akan langsung memilih Disk tersebut untuk melakukan installasi. Klik Next
ProxmoxLearn2
Selanjutnya pilihan Lokasi dan Time Zone. Pilihlah sesuai kota anda berada. Klik Next
ProxmoxLearn3
Pada tahap ini anda harus memasukkan password si Proxmox dan email. Klik Next
ProxmoxLearn4
IIsikan Hostname dan IP Adress yang akan digunakan untuk si Proxmox. Klik Next
ProxmoxLearn5
Setelah semuanya selesai di setting. Proxmox akan melakukan installasi hingga selesai jika tidak ada masalah si proxmox akan meminta di Reboot. Klik Reboot maka tahapan installasi anda telah selesai.
ProxmoxLearn6
Setelah Proxmox selesai Reboot. Untuk mengakses si Proxmox buka Web Browser anda dan ketikkan alamat IP si Proxmox. Maka akan munculan tampilan proxmox. Anda akan diminta untuk mengisikan password Proxmox jika ingin masuk.
Username : root
ProxmoxLearn7
Tahap installasi telah selesai. Dan selamat belajar

Sumber : sumber 1, sumber 2 
Previous
Next Post »